16 May 2011

Bonek Puji Selebrasi Barisic-Dutra

Bonek memuji aksi selebrasi dua pemain asing Persebaya 1927 usai mencetak gol ke gawang Persema, Minggu (15/5/2011). Selebrasi itu menunjukkan penghormatan kepada klub dan pendukungnya.

Dalam laga yang dimenangi Persebaya itu, begitu mencetak gol pertama, Ottavio Dutra langsung berlari menuju tribun utara belakang gawang. Di sana, ia sempat melambaikan tangan ke atas meminta Bonek bernyanyi lebih keras. Selain itu, ia juga mencium badge logo Persebaya yang tertempel di jersey hijau miliknya.

Aksi serupa juga dilakukan Andrew Barisic. Bahkan, saat mencetak gol keduanya, pemain asal Australia ini berlari ke tribun selatan. Ia mengambil salah satu banner spanduk milik Bonek yang tergeletak di rumput, dan membentangkannya.

Aksi Barisic ini seolah-olah balasan bagi Bonek yang memberikan dukungan kepadanya. Terakhir, saat dia mengalami keracunan dan harus dirawat di rumah sakit, beberapa Bonek menjenguknya.

Aksi duo asing ini tak pelak menuai pujian. Aksi selebrasi mereka dinilai berbeda dengan pemain lokal, dan dinilai lebih memerhatikan pendukung kesebelasan. "Selebrasi ini sangat jarang dilakukan pemain Persebaya lainnya. Setidaknya dengan selebrasi Dutra dan Barisic tadi, para pemain lokal dan asing bisa sedikit menghargai Bonek dan Persebaya sendiri," kata Pambudi Wirawatama, administrator Fans Page Bonek News.

Pambudi mengatakan, Barisic memang berjanji mencetak gol dan akan melakukan selebrasi untuk Bonek. Janji itu dilontarkan saat ia bertemu dengan Pambudi di rumah sakit.

Andhi Mahligai, Bonek asal Jakarta, menyebut selebrasi Barisic dan Dutra menunjukkan kecintaan kepada klub. "Sudah cukup lama tak terlihat selebrasi seperti ini di Persebaya. Padahal, tahun 1997 dan 2004 saat Persebaya juara, selebrasi seperti ini sering dilakukan pemain," katanya.

Andhi berharap ini pertanda positif. "Mungkin tahun ini Persebaya akan juara LPI untuk pertama kalinya, setelah selebrasi yang menghormati suporter yang telah lama menghilang muncul kembali tahun ini," katanya. Ia berharap, pemain muda lokal mau meneladani perilaku dan sikap Barisic dan Dutra. [wir]

No comments: