01 March 2011

Pro-Nurdin Beri Sangu Demo Berni Anti-Nurdin

Tidak semua pendukung Nurdin Halid antipati kepada demonstrasi yang menolak Nurdin. Ketua Umum Persatuan Sepakbola Indonesia Djember (Persid) Sunardi adalah jenis pendukung Nurdin yang langka itu.

Sunardi mengatakan, dirinya merestui belasan suporter Jember Brani (Berni) berangkat ke Jakarta untuk menentang Nurdin Halid. "Bahkan bukan hanya merestui. Saya juga memberi sangu (uang saku), sehingga tak ada intervensi dari pihak lain. Dengan begitu, saat pulang ke Jember, mereka tidak terprovokasi pihak lain," katanya, Selasa (1/3/2011).

Sunardi membenarkan, jika ada perbedaan pandangan dirinya sebagai ketua umum Persid dengan suporter terkait kepemimpinan Nurdin di PSSI. Ia tetap akan mendukung Nurdin, jika pria asal Makassar tersebut melakukan perubahan di struktur kepengurusan PSSI. Sementara itu, Berni sebagaimana suporter lainnya, justru menginginkan Nurdin turun dari jabatan ketua umum PSSI.

Bagi ketua Partai Persatuan Pembangunan Jember ini, perbedaan pendapat ini sah-sah saja. ""Tak jadi persoalan, karena mereka (suporter) pantas menilai siapa yang berhak menjadi ketua umum PSSI. Beda tak masalah," katanya.

Yang penting, lanjut Sunardi, perbedaan ini harus dihadapi dengan dewasa dan kepala dingin. Artinya, kendati berbeda pendapat, siapapun nanti yang terpilih menjadi ketua umum PSSI dalam kongres tetap harus diterima.

Sunardi tak khawatir aksi demo anti-Nurdin yang dilakukan Berni akan mempengaruhi Persid di mata PSSI. Bukan rahasia lagi, jika Persid Jember naik kasta ke Divisi Utama karena 'tertolong' penambahan kuota jumlah peserta kompetisi Divisi Utama musim depan.

"Tidak. Yang dilakukan suporter adalah langkah terbaik menurut organisasi mereka. Ini perjalan demokrasi, harus terbuka. Pesan saya, ketika mengadakan demo, tolong demo yang baik karena membawa nama baik Jember," kata Sunardi. [wir]

No comments: