08 February 2011

Yang Benar Rp 1,1 Miliar atau Rp 1,4 Miliar?

Saya terkagum-kagum, saat membaca berita, bahwa pendapatan tiket Arema melawan Persipura di Kanjuruhan Malang, Minggu (6/2/2011), mencapai Rp 1,4 miliar. Wow! Arema memang luar biasa. Jumlah penonton waktu itu, dari penjualan tiket saja, mencapai 36.994 penonton.

Saya kutip di Jawa Pos. Rinciannya, 34.025 di tribun ekonomi, 2.646 di tribun VIP, dan 323 penonton di tribun VVIP. Dengan jumlah penonton tersebut, berarti ada pemasukan Rp 1,47 miliar. "Tentu ini jumlah yang cukup besar bagi kami," ujar ketua panpel Arema, Abriadi Muhara di sela pertandingan. (link: http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=83844)

Tapi rasa penasaran saya tiba-tiba muncul. Hitung-hitungan kasar saya, dibutuhkan hingga 50 ribu penonton bagi Arema untuk mencapai pendapatan tiket Rp 1,4 M. Itu pun dengan asumsi harga tiket ekonomi Rp 25 ribu.

Saya mencoba mencari tahu harga tiket pertandingan itu, dan ketemu di link: http://malang-post.com/index.php?option=com_content&view=article&id=25537:tiket-vip-tercetak-rp-75-ribu&catid=63:menu-headline&Itemid=102.

Di sana tertulis:
Panpel Arema telah menegaskan untuk laga home Arema menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Kanjuruhan malam ini tidak ada kenaikan harga tiket. Baik itu tiket ekonomi, VIP dan VVIP, masih tetap dengan harga lama.

Ekonomi Rp 25 ribu, VIP Rp 75 ribu dan VVIP Rp 100 ribu. Namun khusus untuk tiket VIP dan VVIP, panpel Arema harus mengikutsertakan perdana Axis sebagai bagian dari kerjasama dengan Arema seharga Rp 10 ribu.

“Harga tiket sebenarnya tetap, tapi karena ada blunding Axis, tiket VIP menjadi Rp 85 ribu dan tiket VVIP menjadi Rp 110 ribu,” ungkap manajer media officer Arema, Sudarmaji perihal adanya perubahan harga tiket VIP dan VVIP itu.

Lalu saya mencoba menggunakan kalkulator di ponsel saya. Ditemuilah hitung-hitungan begini:

34.025 tiket di tribun ekonomi x Rp 25 ribu = Rp 850.625.000
2.646 tiket di tribun VIP x Rp 85 rb = Rp Rp 224.910.000
323 tiket di tribun VVIP x Rp 110 rb = Rp Rp 35.530.000

Total jenderal = dari 36.994 riket terjual, pemasukan mencapai... Rp 1.111.065.000 atau Rp 1,1 Miliar...

Jadi mana yang benar? Klaim Rp 1,4 m atau Rp 1,1 miliar seperti di kalkulator saya...

Saya bisa saja salah... mungkin kalkulator saya yang tidak paham ilmu ekonomi dan sistim akuntansi moderdn... jadi maafkan saya... Jangan marah ya? Piss... [wir]

No comments: