20 October 2010

Kisah Kemanusiaan
Ada Tumor di Rongga Perut Anak Buruh Kebun Itu


Apa penyakit Yovan Piter Edi Putra, putra pasangan Edi dan Samiwati? Diagnosa dokter menunjukkan adanya tumor di rongga perut bocah berusia 3,5 tahun itu.

Yovan ditangani oleh dr. Ramzy Syamlan, seorang spesialis anak di RS Daerah dr. Soebandi, dan dirawat di ruang khusus anak-anak. Tumor itu sudah menjalar hingga liver. Inilah yang kemudian berdampak pada buruknya gizi sang anak.

Dr. Yuli Priyanto, Sekretaris Komisi D DPRD Jember yang memantau terus kondisi Yovan di rumah sakit, mengatakan, bocah itu terkena hepatomegati atau pembesaran hati, ditambah ascites atau perut yang berisi cairan.

Saat ini, RS dr. Soebandi mengambil langkah-langkah untuk mengembalikan kondisi dan status gizi Yovan. "Tadi kadar albuminnya bermasalah, sehingga sedang diupayakan mencari albumin. Tranfusi darah sudah siap kalau dibutuhkan," kata Yuli.

Yovan Piter Edi Putra, lahir 9 Maret 2007. Tubuhnya kurus kering dan perutnya membesar di luar kewajaran. Yovan sempat dibawa ke Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi. Namun karena orang tuanya tak punya uang, maka bocah itu dibawa pulang.

Samiwati mengatakan, sudah habis cukup banyak harta untuk menyembuhkan Yovan. Bahkan, sang ayah sempat mencuri kelapa di perkebunan untuk sang anak.

Namun, sejumlah anggota DPRD Jember yang bersimpati, meminta kepada Edi dan Samiwati agar membawa Yovan kembali ke rumah sakit. Bahkan, Yuli siap menjamin dan menelpon langsung pengelola RS dr. Soebandi. [wir]

No comments: