01 June 2010

Suporter Terbaik Indonesia Versi PSSI
Aremania Jarah Pedagang Asongan dan Palak Penumpang
(Sumber: Pikiran Rakyat)

Aremania, kelompok suporter Arema Indonesia berulah. Mereka melakukan penjarahan barang dagangan milik pedagang asongan di Stasiun Cirebon, Senin (31/5). Oknum Aremania juga memecahkan kaca gerbong kereta api Gaya Baru Malam saat berhenti di Stasiun Purwokerto, Senin (31/5) pukul 18.00 WIB, untuk menyelamatkan diri karena diduga terjadi kebakaran di dalam gerbong.

Humas Daerah Operasi V Purwokerto Surono mengatakan, pihak PT KA belum menghitung total kerugian akibat ulah suporter Arema itu. "Kaca yang dipecah adalah gerbong makan, kebetulan asap yang masuk di gerbong tersebut cukup tebal dan mereka panik dikira ada kebakaran," ujarnya.

Asap tebal tersebut bukan akibat kebakaran, tetapi sistem pengereman daya ikatnya terlalu keras sehingga muncul asap. "Kerugian belum kita hitung sebab KA langsung berangkat," katanya.

Surono juga mengakui adanya penumpang umum yang menjadi korban penodongan Aremania. Uang sebanyak Rp 700.000 milik penumpang diminta secara paksa. "Penumpang tersebut disandera dan ditodong sejak dari Jakarta hingga Stasiun Purwokerto. Seharusnya dia turun di Bumiayu, tapi karena ditodong jadi takut dan turun di Stasiun Purwokerto," ucapnya.

Saat tiba di Stasiun Purwokerto, para pedagang sudah tutup karena mendapat informasi penjarahan di Stasiun Cirebon. Satu peleton Dalmas Polres Banyumas dan petugas stasiun dikerahkan untuk berjaga-jaga. Ribuan penumpang tidak hanya memenuhi sepuluh rangkaian gerbong, tetapi juga memenuhi bagian atap gerbong.

Mereka lalu berhamburan keluar gerbong untuk berebut minuman yang disediakan pihak stasiun. Mereka berteriak, "Kita bukan Bonek (suporter Surabaya-red) yang sering buat rusuh. Kita adalah Aremania." KA Gaya Baru Malam mengantarkan sekitar 1.500 pendukung Arema seusai menyaksikan laga di Jakarta antara Arema melawan Persija, Minggu (30/5). (A-183/A-99)***

Link: http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=142622

No comments: