19 June 2009

Kunjungi Makam Syaikonah Kholil, JK Paham NU

Kunjungan ke makam Syekh Syaikonah Kholil Bin Abdul Latif di Bangkalan, Jumat (19/6/2009), menunjukkan bahwa Wakil presiden sekaligus calon presiden nomor urut 3, Muhammad Jusuf Kalla, punya kultur NU.

Hal ini dikemukakan Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Timur KH Mutawakkil Alalallah. "Beliau punya kultur pesantren, tahu kalau Syaikonah Kholil ini adalaah guru kiai-kiai besar di Indonesia. Bisa dipastikan, pesantren-pesantren besar di Indonesia punya benang merah dengan ajaran Syaikonah Kholil," katanya.

Kunjungan JK ke Bangkalan ini merupakan kunjungannya ke sekian ke lingkungan NU. Sebelumnya, JK juga menyambangi sejumlah pesantren besar dan menemui para kiai kharismatis yang berkumpul di Situbondo. Bahkan, pada 22 Mei lalu 20 kiai besar di Jawa Timur sudah memuruskan untuk mendukung JK-Wiranto, dalam bahtsul masail terbatas di Surabaya.

Mutawakkil menambahkan, secara institusional, NU tetaplah netral dalam pemilihan presiden. Namun, secara pribadi, ia menyarankan kepada Jusuf Kalla agar benar-benar memiliki komitmen lahir dan batin untuk melaksanakan visi, misi, dan janji tentang bangsa Indonesia yang mandiri. "Beliau juga harus mempertimbangkan faktor moral dan akhlak," katanya. [wir]

No comments: