15 June 2009

6 Bank Keluarga Miskin Terima 6 Ribu Dollar

Enam lembaga keuangan mikro masyarakat yang dikenal sebagai Bank Gakin (Bank Keluarga Miskin) akan menerima dana 6 ribu dollar AS. Penyerahan dana ini dilakukan di kantor Koperasi Keluarga Miskin, di Jalan Mawar, Senin (15/6/2009).

Bantuan dana ini diserahkan langsung oleh Dick Booselaar, yang dikirim oleh PUM (Programma Uitzending Manager), sebuah lembaga swadaya masyarakat Plat merah di Belanda. Enam Bank Gakin yang menerima adalah LKMM Pattimura, LKMM Al-Mubaroq, LKMM Anugerah, LKMM Wetan Kantor, LKMM Mekarsari, dan LKMM Al Barokah.

"Setiap LKMM tadi menerima bantuan seribu dollar. Separuh adalah hibah, separuhnya lagi adalah pinjaman dengan bunga 5 persen per tahun selama tiga tahun. Dari bunga iru, 3 persen diperuntukkan pemilik modal, dan 2 persen untuk Koperasi Gakin yang bertanggungjawab membuat laporan dengan standar internasional setiap tahun," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Jember, Mirfano.

Enam Bank Gakin yang menerima bantuan itu dipilih dari survei terhadap 17 bank gakin. "Mereka dipilih karena daftar tunggu peminjamnya paling besar. Duit mereka terbatas, sementara masyarakat miskin yang belum terlayani cukup banyak," kata Mirfano.

Mirfano menjelaskan, Bank Gakin adalah sebutan yang diberikan sendiri oleh warga miskin yang menjadi anggota. "Istilah ini dipopulerkan oleh beberapa pengurus dan anggota LKMM sendiri. Bank Gakin ini antitesis terhadap bank formal yang selama ini tidak pernah mau peduli dengan ekonomi keluarga miskin," katanya. [wir]

No comments: