16 May 2009

Saat Banteng Turun ke Padang Golf

Suatu hari di padang golf Glantangan, sekitar 8-10 ekor banteng, dewasa dan anak-anak, mendadak berada di putting green (salah satu sektor lapangan golf).

"Mereka mencari minum di danau buatan. Memang saat itu kemarau. Kendati turun mencari minum, banteng-banteng itu tidak membahayakan dan justru menjadi tontonan tersendiri," kata Sugito, salah satu pelatih golf di sana, Sabtu (16/5/2009).

Turunnya banteng ke padang golf Glantangan bisa dipahami. Glantangan berdekatan dengan Taman Nasional Meru Betiri. Wilayah padang golf ini pun masih alami.

Untuk menuju ke padang golf Glantangan, sebelumnya harus melaju sekitar 20 kilometer dari pusat kota, melewati pedesaan dan sebuah hutan karet. Matahari tidak menyengat, sinarnya menerabas di antara dedaunan. Kita memasuki wilayah perusahaan perkebunan Nusantara XII.

Di persimpangan mobil berputar. Kami melewati sebuah sekolah taman kanak-kanak. Para siswanya sedang berbaris. Di ujung jalan ini, kami menuju. Selamat datang di Padang Golf Glantangan.

Padang golf ini terletak di Desa Glantangan Kecamatan Tempurejo. Luasanya sekitar 50 hektare, dengan 18 lubang (hole). Secara resmi, padang golf ini dibuka 2 November 1975 oleh Gubernur Jawa Timur Mohammad Noer.

Biasanya rata-rata tiap hari, ada sekitar 20 orang yang bermain golf. Kalau akhir pekan, bisa mencapai 30-40 orang. Orang suka bermain golf di sini. Ada beberapa alasan.

Pertama, harganya terhitung murah dibandingkan padang golf di Surabaya. Untuk week day, pengelola hanya menarik ongkos Rp 125 ribu untuk 18 hole. Sementara untuk weekend, pengelola mengenakan tarif Rp 150 ribu.

Kedua, padang golf Glantangan menyajikan pemandangan alami. Di hole 10, anda bisa menyaksikan sebuah bukit hijau membentang. Sejauh mata memandang hanya hijau yang menyejukkan. Pemandangan seperti ini tidak mungkin didapatkan di padang golf lain.

Di padang golf Glantangan, sejak pertama kali diresmikan hingga saat ini, baru ada 25 pemain golf yang berhasil mencapai hole in one, alias dengan sekali pukul bola masuk ke dalam lubang sasaran. [wir/kun]

No comments: