15 May 2009

150 Siswa Jember Bakal Plesir ke Luar Negeri

Dinas Pendidikan Jember akan melanjutkan program studi banding ke luar negeri, yang ditujukan bagi para siswa yang berprestasi dalam ujian nasional sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas/kejuruan, serta meraih prestasi dalam olimpiade sains.

"Begitu diumumkan akan kita tindaklanjuti. Ini reward bagi mereka. Pilihannya ke Singapura, Malaysia, atau Filipina," kata Kepala Dispendik Jember Achmad Sudiyono, Jumat (15/05/2009).

Tahun lalu, siswa-siswa berprestasi itu selama lima hari melaksanakan studi banding ke Singapura dan Malaysia. Tahun ini rencananya untuk setiap tingkatan pendidikan, masing-masing akan dipilih 50 orang siswa berprestasi. Jadi total ada 150 orang siswa yang dikirim.

Nantinya, setiap siswa yang dikirim ke luar negeri harus bisa melakukan studi komparasi, dengan menuliskan pengalaman di sana. "Mereka diminta melaporkan bagaimana merasakan studi di sana," kata Sudiyono.

Selain diberikan penghargaan berupa jalan-jalan ke luar negeri, para siswa ini juga diberikan penghargaan berupa uang. "Murid berprestasi saya kasih uang pulsa. Kalau guru berprestasi saya beri kamera digital," kata Sudiyono.[wir/ted]

No comments: