08 June 2008

Prediksi Piala Eropa 2008
Final Ideal: Jerman vs Belanda

Saya berharap ada kejutan besar seperti dalam Piala Eropa 2004. Namun final ideal tetap duel klasik Jerman versus Belanda.

Jika duel klasik itu terjadi, saya menjagokan Jerman. Dari dulu saya suka dengan Jerman. Mentalitas juara dan pantang menyerah Jerman membuat saya jatuh cinta. Jerman, seperti klub Inggris Liverpool, punya semboyan: apapun bisa terjadi selama peluit panjang belum berbunyi. Tertinggal skor berapapun bukan masalah.

Tapi harus diakui, Belanda tengah punya tren menanjak. Mereka akan bisa lolos dari Grup C. Saya benci Italia, si sepakbola mafia. Maka saya doakan Italia bangkrut di Grup C.

Kendati saya menjagokan Jerman selalu, agaknya dengan berat hati saya harus mengakui bahwa Belanda bakal jadi juara setelah 20 tahun lalu. Mereka akan mengalahkan Jerman dalam sebuah partai ketat. Di tangan pelatih Marco Van Basten, Total Football bangkit dari kubur.

Skor tipis, 3 – 2. Niestelroy, Huntelaar, Dirk Kuyt akan mencetak gol untuk Belanda. Sementara dari Jerman akan diborong Podolski dan Kuranyi atau si gaek Klose.

Kalaupun ada kejutan, saya suka Turki yang bikin kejutan. Turki mewakili negara dengan identitas yang terbelah. Secara geografis, Turki berada di Asia, tapi masuk dalam kompetisi sepakbola Eropa. Turki selalu dipinggirkan, dipandang sebelah mata, dan tak cocok dengan kultur Kristen Eropa, karena terdiri atas mayoritas Islam.

Saya ingin Turki bikin kejutan karena mereka punya semangat dan tak lupa, suporter paling ngawur sedunia. Siapapun akan ngeri berhadapan dengan fanatisme suporter Turki. Mereka adalah pasukan ke – 12.

Lengkapnya prediksi saya.

Perempat Final:
Portugal (Juara Grup A) vs Kroasia (Runner up Grup B)
Jerman (Juara Grup B) vs Ceko (Runner up Grup A)
Belanda (Juara Grup C) vs Swedia (Runner up Grup D)
Spanyol (Juara Grup D) vs Prancis (Runner up Grup C)

Semifinal
Portugal vs Jerman
Belanda vs Spanyol

Final
Jerman vs Belanda

Juara
Belanda

4 comments:

Unknown said...

Belanda tetap jagoan...

menurut gw final yang ideal adalah Belanda Vs Portugal, dengan skor 2-0 untuk Belanda.

Dari dulu hingga saat ini Belanda masih jadi tim favorit gw.

deni adam malik

Eko Rusdianto said...

Setuju dengan prediksi itu. Nazi vs kompeni. Duel klasik yang mengharukan. Siklus 20 tahunan Belanda yang masih jauh dari kenyataan. Sepertinya Euro kali ini ada ditangan anak-anak NAZI. Tapi saya kuatir adu pinalti.

Mas Oryza, saya penggemar France. Seperti ayam jantan dari Eropa, sayang Domenech kurang lihai, meramu permainan. Thuram, Sagnol, Makalele, Gomes, orang2 yang tak perlu mengisi jajaran TIM kelas atas ini. Domenech tak percaya pemain muda. Saya kuatir ia hanya jago main gaple (asal kata Domenech dengan plesetan domino).

Tapi kok jadi pelatih sepak bola ya?

Heru Putranto said...

Final ideal...
menurutku Jerman vs Spanyol, dengan kemenangan pasukan panser!
Yok opo bro? wani taruhan...hehehe
heruputranto

Eko Rusdianto said...

Setelah melihat, menimbang, dan menganalisis dengan seksama permainan setiap tim. Maka saat ini saya tak memutuskan mendukung salah satu tim. Jerman mainnya bagus, tapi tidak menghibur. Spanyol apik, tapi kurang hati-hati di lini belakang (ada Puyol yang jelek). Turki permainannya tidak menggairahkan. Rusia ini tim yang keren, permainan bagus menggebu-gebu penuh semangat, tapi belum punya mental juara. Bisa kaget mereka jika sampai mengisi final.

Mas Oryza ternyata prediksi kita gagal. Hahahahaha...Tapi tetap semangat ya Persebaya.