28 January 2008

Persebaya Menuju PT
Saleh Ismail Mukadar: Itu Sama Saja Bunuh Diri
Reporter: Kuntoro Rido Astomo

Mantan manajer Persebaya, Saleh Ismail Mukadar mengaku kurang setuju bila Persebaya untuk sementara ini harus ditangani secara privatisasi alias berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT).

"Kalau sekarang ini Persebaya ditangani secara Perseroan Terbatas, saya kira itu sama saja bunuh diri," ungkap Saleh Ismail Mukadar kepada wartawan, Senin (28/1/2008).

Pasalnya, lanjut Saleh, dengan privatisasi berbadan hukum Perseroan Terbatas tersebut jelas akan membatasi gerak klub-klub anggota dan pemkot yang notabene adalah pemilik awal Persebaya.

"Memang, impian Pak Arif (Ketua Umum Persebaya, Arif Afandi) sangat bagus. Tapi kita ini tidak sedang berada di Eropa yang dimana sepakbola dan olahraga lainnya sudah mengindustri. Jadi kalau saat ini harus dipaksakan menuju PT, saya rasa itu bunuh diri. Sebab, dengan berubahnya badan hukum Persebaya menjadi PT, otomatis Pemkot tidak punya tanggungjawab lagi untuk mengeluarkan dana lagi," paparnya.

Disinggung soal klaim Arif Afandi yang mengaku sudah mendapatkan investor bagi Persebaya, Saleh mengaku angkat topi.

"Kalau saat ini Persebaya bisa mendapatkan investor, saya bukannya tidak percaya. Tapi saya justru mengacungkan dua jempol. Sebab ibarat seorang gadis, sedang ranum-ranumnya saja jarang yang mendekati, tapi kini sedang jelek-jeleknya malah bisa menggaet investor, apa itu bukan sangat bagus," sindir Saleh.[kun/ted]

No comments: