28 March 2010

Wasit Indonesia Belum Layak Jual

Wasit menjadi salah satu pihak yang paling banyak dipersoalkan dalam dunia sepakbola Indonesia. Dalam arena Rembuk Sepakbola Nasional, di Hotel Shangri-La, Minggu (28/3/2010) malam, sempat muncul wacana agar PSSI mendatangkan wasit asing.

Persoalan wasit adalah persoalan klasik: keberpihakan terhadap tim tertentu, atau dugaan penyuapan. Pernyataan sejumlah peserta RSN menunjukkan ketidakpercayaan terhadap wasit.

CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, mengakui adanya keraguan terhadap wasit. "Wasit di tengah lapangan bukan semata-mata kompetensi, tapi imej. Belum melakukan apa-apa sudah diduga melakukan kesalahan," katanya.

Joko menyerahkan kepada seluruh klub maupun insan sepakbola Indonesia, apakah tetap berpegang pada imej itu atau mulai lebih memercayai wasit. PSSI pernah coba berkonsultasi dengan Asian Football Confederation, apakah Indonesia bisa mendatangkan wasit asing untuk memimpin pertandingan liga.

"AFC menjawab, wasit asing boleh, tapi dalam rangka pertukaran. Jadi tidak hanya impor, tapi juga ekspor. Masalahnya, wasit kita belum layak jual," katanya. [wir]

No comments: